Selasa, 20 November 2007

The First Cadar pejuang_lumutan1924


Ahad, 11 November 2007, gw bareng anak-anak TPA maen ke Pondok Hijau tempat villa-villa megah berdiri di kawasan kaki gunung Tangkuban Perahu. Bersenang-senang melepaskan kelelahan enam hari yang telah lewat, mungkin lebih tepatnya tafakur alam. Memikirkan ciptaan-Nya, mendekat diri pada-Nya melalui karya-Nya. Mereka yang gw anggap anak-anak sendiri (bapaknya mana??!!) merasa terhibur, hanya dengan jalan kaki, berlari-lari, tebak-tebakkan. Mungkin itu cukup buat mereka.

Terik matahari mengajak gw dan mereka segera pulang dengan membawa oleh-oleh kelelahan. Meski capek suasana ceria masih tersirat di wajah mereka. Gw pun begitu. Di jalan menuju pulang, gw tertarik dengan toko pernak-pernik jahit-menjahit. Gw pun bernostagila, dulu gw pernah belajar menjahit. Tanpa ba-bi-bu gw ngeluarin dwit yang pas-pas-an beli benang, jarum juga kancing jepret. Entahlah untuk apa, yang jelas gw kangen masa lalu.

Sesampai di kos-an, lelah payah menyuruh gw istirahat sejenak. Alat jahit yang baru dibeli dibiarkan tergeletak di lantai, gw pun terkapar.

Setelah lelah reda gw pun menumpahkan kerinduan mendalam , memotong khimar hitam yang usang. Memasukkan benang ke dalam lubang jarum, gw pun tenggelam dalam jahitan. Uhhhhh.

Nah, udah jadi deh. Gw bikin cadar pertama dengan jahitan tangan sendiri. The first cadar pejuang_lumutan1924.

Untuk uji coba, hari ini juga gw pake cadar ke warung. Emang siapa yang kenal. Lagian di daerah Gerlong, nggak terlalu aneh akhwat yang pake cadar. Emaaaak, cadarnya terbang. Malu niiih. Ooo, sepertinya cadar bagian bawahnya harus dikancingin ke kerudung atau dikasih peniti. Ternyata pake cadar tuh sesak nafas juga yah. Tapi nggak apa-apa, “cadarku untuk Tuhanku.”

Senin, 12 November 2007. hari pertama gw pake cadar ke kampus. Semua mata tertuju ke gw. So what? Kayak artis! J gw terdiam di depan lab bahasa, pas di depan pintu temen-temen pada aneh, takjub kali yah. Dosen pun jadi ngeliatin gw terus, dalam hati “tenang Ustadz gw bukan teroris kok”

Lucunya waktu ganti pelajaran eh mata kuliah, itu artinya pindah kelas juga pindah gedung, gw yang lagi jongkok nunggu kelas kosong, diliatin kakak kelas, emang gw ikan di akuarium. Sampe temen (kakak kelas) izin keluar, cuma buat mastiin yang pake cadar tuh pejuang_lumutan1924 atau bukan. Dia ngeliatin gw simetris, berbanding lurus dengan tempat gw jonkok. Gw ketawa ngakak di balik cadar, mana dia tahu. Yah ampun. Gw mendonkakkan kepala, “woy ini gw!” “subhanallah, drastis!”coment yang pertama kali gw denger dari dia. Yah mungkin itu yang disebut revolusi diri.

Kawan, di manapun kalian berada. Tadinya gw Cuma mau belajar pake cadar, eh kalian nganggap serius. Gw sampe dikejar-kejar, kayak artis yang menghindar dari wartawan. Tapi bukan pejuang_lumutan1924 kalo gw pengecut. Plizzzz, gw juga manusia, adakalanya deg-deg-an menghadapi kalian, adakalanya nyantai seperti pejuang_lumutan1924 di hari-hari biasa. Ya, gw tahu bangets ilmu kalian lebih dari gw, so pasti! Gw anak ingusan yang baru ngeh Islam. Plizzz, jangan hakimi gw dengan sejumlah dalil yang kalian miliki. Masalah ini (gw pake cadar) gw pun ngantongin tiga pendapat, ada yang berpendapat wajib juga, ada juga yang sunnah, juga ada yang bilang mubah. Blibet banget seh. Kawan, gw juga nggak semahir kalian yang bisa mentarjih dalil, mana dalil yang paling rajih. Ilmu gw cuma 0.01 % mungkin lebih kecil dari atom. Gw punya alasan sendiri, kenapa gw pake cadar saat ini. Kalian pasti tahu, menundukkan pandangan itu wajib kan? Mungkin karena itulah gw termotivasi pake cadar. Menundukkan pandangan gw juga kalian. Meski gw nggak cantik, tapi tetep manis en imut kan? (swory, narsis!) setidaknya itu pengakuan temen-temen (maaf, geer!). yang jelas begitu sulit buat gw, biar bisa menundukkan pandangan yang juga bisa berpengaruh ke hati. Dari mata turun ke hati, jagalah mata jagalah hati. Walaupun memang, menundukkan pandangan nggak mesti pake cadar kan? Ya, iyalah. “biarkanlah aku menjaga mataku, menjaga hatiku, menjaga matamu, menjaga hatimu, menjaga mata kalian, menjaga hati kalian” mungkin amalan ini yang cuma bisa gw lakuin untuk Tuhan.

Gw tetep temen kalian kan? Yang memberi keceriaan, walau kalian nggak ngeliat senyum simpul yang tersungging dari bibir gw lagi, gw tetep lucu, imut, semoga masih militan. “cadarku bukan untuk kalian, tapi cadarku persembahan untuk Tuhan”

Thanx 4 all.

kurampungkan curahan hati yang tertunda,

Senin, 19 November 2007, pukul 21.12 WIB


Salam cinta


pejuang_lumutan1924


november begitu kelabu, penuh dengan debu

magma hati telah membludak menjadi goresan-goresan lahar tak beraturan

hujan batu menjadi tangisan yang menggelegar

menangis semalam di kebingungan karena kalian!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah keren uy, kebetulan baru bisa baca sekarang itu juga gi browsing nyari, gambar2 niqab, sorry gambarnya di ambil ya,

salam...
salik tahriri
anonimous_1924@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Udah ketemu jejak "titipan"ku?